Rockstar Rentan Mati Muda

Minggu, September 30, 2007

Semarang - Dilihat sekilas, kehidupan mewah rockstar memang menggiurkan. Tapi tahukah bahwa rockstar adalah profesi selebriti yang paling rentan mengalami mati muda?
Ini dia!Terkenal, dikelilingi penggemar, kehidupan mewah penuh dengan popularitas, siapa yang menolak? Bahkan hampir semua orang memimpikan ingin menjadi bintang.
Tapi tahukah Anda bahwa kebanyakan rockstar alias bintang rock mengalami kematian yang tidak wajar? Atau banyak artis yang meninggal akibat efek samping dari kepopulerannya?Hal ini dibuktikan langsung oleh sebuah penelitian yang dilakukan Universitas John Moore di Liverpool, Inggris.
Penelitian yang kemudian ditulis dalam Journal of Epidemiology and Community Health (JECH) itu menyingkap fakta yang mengejutkan.
Dengan mengambil contoh musisi dari berbagai genre, mulai dari rock, pop, new age, punk, rap, R&B dan electronica, di temukan data bahwa ternyata popularitas mengakibatkan kematian dini.
Para peneliti melakukan observasi terhadap 1.064 orang musisi. Diperoleh hasil sebanyak 100 orang rockstar meninggal diantara tahun 1956 hingga 2005. Dengan presentase 9,6% pria dan 7,3% perempuan. Beberapa diantara adalah rockstar kenamaan seperti Jimi Hendrix, Jim Morrison, Keith Moon, Brian Jones, Janis Joplin dan Kurt Kobain.Pada 25 tahun terakhir, sekitar 70% dari populasi musisi memiliki risiko kematian dini, sedangkan dalam lima tahun terakhir angka tersebut naik hingga 240%.
Sementara pada era tahun 1960-1970, risiko kematian para musisi tersebut adalah sekitar 350 persen. Benar-benar di atas rata-rata. Hasil penelitian lainnya adalah musisi-musisi Eropa mempunyai umur lebih lama ketimbang musisi dari Amerika Utara.Rata-rata musisi-musisi Eropa meninggal pada umur 42 tahun, sedangkan musisi Amerika Utara hanya dapat mempertahankan kejayaannya sampai umur 35 tahun.
Kematian dini ini diakibatkan gaya hidup para musisi. Biasanya kehidupan mereka rentan akan alkohol, rokok serta obat-obatan terlarang.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membuka mata para calon musisi, agar memilih gaya hidup yang lebih sehat. Jadi, masih bermimpi jadi rockstar? Hidup sehat dulu!

0 komentar: